Friday 1 July 2016

[REVIEW] Perawatan Kulit Wajah Dasar Untuk Pria Dengan Kulit Berminyak

Halo, semua. Tulisan kali ini akan membahas pengalaman saya menggunakan Kiehl's dengan rangkaian Men's Oil Eliminator yang ditujukan khusus untuk pria. Ini adalah rangkaian perawatan kulit wajah yang saya gunakan saat ini, setelah sebelumnya menggunakan rangkain Tea Tree dari The Body Shop (review cek disini). Kulit wajah saya berminyak, pori-pori cukup besar, dan cenderung berjerawat (banyak bekas-bekas jerawat). Mari kita mulai...

Rangkaian Men's Oil Elimintor dari Kiehl's ini hanya ada tiga: Deep Cleansing Exfoliating Face Wash, Refreshing Shine Control Toner, dan 24-hour Anti-shine Moisturizer. Saya pakai tiga-tiganya supaya hasilnya lebih maksimal. Rangkaian Oil Eliminator ini memang ditujukan untuk kulit pria yang berminyak. Deep Cleansing Exfoliating Face Wash adalah pembersih wajah sehari-hari untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terasa lembut. Refreshing Shine Control Toner berfungsi untuk menyegarkan kulit dan mempersiapkan kulit sebelum diberikan moisturizer, selain itu toner ini bisa digunakan kapanpun sesuai kebutuhan. 24-hour Anti-shine Moisturizer adalah pelembab muka yang cepat menyerap dan ringan. 



Kandungan utama dari rangkaian ini adalah:
a. Glycerin
Gliserin berasal dari tumbuhan dan bekerja sebagai magnet untuk menangkap dan menjaga kelembaban kulit. Sangat cocok untuk kulit dan bekerja dengan "efek penampung" air sehingga secara otomatis meningkatkan kelenturan dan kekenyalan kulit. Gliserin yang digunakan berasal dari biji kelapa sawit, Rapa, dan kelapa.

b. Biji Apricot dan Biji Argan
Kandungan yang berfungsi sebagai eksfolian dan membersihkan penumpukan serpihan dan menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit.

c. Asam Salisilat
Bekerja membantu mengangkat sel stratum corneum pada lapisan kulit dan membersihkan pori kulit yang tersumbat.

Selain rangkaian tersebut di atas, saya tambahkan scrub mingguan dengan menggunakan salah satu produk dari rangkaian Dermatologist Solutions, Epidermal Re-Texturizing Microdermabrasion, dan perawatan jerawat dari rangkaian Blue Herbal, yaitu Spot Treatment. Semua rangkaian yang saya gunakan ini saya sebut perawatan dasar. 

Saya gunakan rangkaian Oil Eliminator  dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tekstur face wash-nya wangi mint banget dengan serpihan dari apricot seed sehingga membersihkan kulit wajah lebih bersih. Caranya cukup tuangkan ke salah satu ibu jari (saya selalu menuangkan di ibu jari tengah tangan kanan seukuran dua buah biji jagung) lalu usapkan secara merata di wajah menggunakan kedua tangan dengan gerakan sirkular sambil dipijat-pijat ringan. Saya lakukan proses itu sekitar 3 menit, kemudian saya membilasnya dengan air hingga bersih. Setiap dua kali dalam seminggu di pagi hari (hasil di pagi hari lebih maksimal), saya lanjutkan dengan scrub. Tekstur scrub-nya sendiri cukup kasar karena scrubnya terbuat dari micronized shells. Namun, hasil akhirnya keren banget! Kulit malah terasa lebih lembut dan kenyal. 

Kandungan utama dari Kiehl's Epidermal Re-Texturizing Microdermabrasion adalah:
a. Micronized shells (Diatomatious Earth)
Sebuah crystalline silica yang berfungsi sebagai exfoliant alami untuk mengangkat sel kulit mati di lapisan epidermis atau lapisan luar kulit.

b. Shea Butter 
Shea Butter adalah lemak alami diambil dari buah Pohon African Karate, dan digunakan pada lotion dan produk pembersih karena sifat melembabkannya. Melindungi kulit dari dehidrasi, merawat kelenturan kulit dan memperbaiki tampilan kulit kering.

c. Willow Herb (Epilobium angustifolium) 
Diambil dari sebuah tanaman yang dikenal sebagai fireweed atau willow herb. Tanaman ini diketahui mempunyai sifat anti-mikroba dan menyejukkan bagi kulit.

Tahap selanjutnya setelah dibersihkan adalah dengan menyemprotkan toner ke wajah. Toner dari Oil Eliminator ini tidak seperti toner pada biasanya. Cara aplikasi toner ini adalah dengan menyemprotkan langsung pada muka. Saya biasanya menyemprotkan di lima titik (dahi, pipi kanan dan kiri, hidung, dan dagu). Efek dari toner ini adalah sejuk dan segar. Setelah cukup kering, saya aplikasikan Drops of Youth Concentrate (pre-serum) dan Oils of Life (serum) dari The Body Shop (akan diulas dalam tulisan terpisah tentang perawatan lanjutan). Lalu, diakhiri dengan mengaplikasikan moisturizer pada wajah. Dengan hanya sedikit moisturizer, sudah cukup untuk melembabkan seluruh wajah. 

Khusus setiap kali melakukan scrub, setelah mengaplikasikan moisturizer, saya aplikasikan pula sunscreen untuk melindungi wajah. Saya cukup jarang menggunakan sunscreen (meskipun sebaiknya setiap hari digunakan) karena wajah saya akan lebih berminyak. Namun, karena setelah menggunakan scrub, kulit wajah akan lebih sensitif, maka penggunaan sunscreen dibutuhkan untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Produk yang saya gunakan untuk sunscreen adalah Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15 dari The Body Shop. Terakhir, saya gunakan Tea Tree Flawless BB Cream dari The Body Shop untuk meratakan wajah, dimana awalnya saya berharap bisa menutupi efek berminyak dari sunscreen, tapi ternyata tidak. Saya rekomendasikan Wonderblur dari The Body Shop untuk menutupi efek berminyak dari penggunaan sunscreen. Saya pernah mencobanya sebelum BB Cream. Tahapan ini hanya untuk pagi hari. 



Bagaimana dengan malam hari? Setelah serum, saya gunakan sleeping mask dari The Body Shop (akan diulas dalam tulisan terpisah tentang perawatan lanjutan). Khusus ketika sedang tumbuh jerawat, saya aplikasikan Blue Herbal Spot Treatment pada jerawat tersebut. Produk ini merupakan gel yang lembut dan mampu menyamarkan noda jerawat.

Kandungan utama dari Kiehl's Blue Herbal Spot Treatment: 
a. Ekstrak Kulit Pohon Kayu Manis
Ekstrak Kulit Pohon Kayu Manis diambil dari kulit pohon yang dikeringkan, dan diakui memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan ekstrak daun. Mengandung essential oil dikenal dengan efek menenangkan.

b. Asam Glycolic 
Asam Glycolic adalah salah satu dari asam buah yang diambil dari batang tebu. Membantu mengangkat lapisan kulit terluar yang kering dan kasar, membuat kulit terlihat halus dan sehat.

Kesimpulan yang bisa saya tarik dari pengalaman saya menggunakan perawatan kulit wajah kali ini adalah sebagai berikut:

Abaikan tombol on/off di bawah mata.

Kiehl's
a. Pros:
  • Wangi menyegarkan dan menyejukkan
  • Warna kemasan hijau dan saya suka hijau! Hahaha
  • Efeknya terasa langsung
  • Teman-teman saya melihat bahwa kulit wajah saya terlihat lebih bersih
  • Produk cukup awet karena kemasan cukup besar dan penggunaannya yang sedikit
b. Cons:
  • Harga cukup mahal
  • Kiehl's tidak menjual versi travel size (kecuali pembelanjaan minimal Rp1.000.000 atau mengembalikan 5 botol kosong akan mendapatkan travel size secara cuma-cuma). 
Repurchase? YES!!!!!

The Body Shop
a. Pros:

  • Sunscreen: wanginya enak
  • Produk cukup awet karena kemasan cukup besar dan penggunaannya yang sedikit
  • Ukuran produk sangat handy dan bisa dibawa traveling
  • BB Cream: lebih baik tanpa sunscreen terlebih dahulu
  • Meratakan warna kulit wajah, tetapi tidak menyamarkan dengan penuh
  • Kemasan kardus bersertifikasi FSC
  • Kemasan kosong bisa dikembalikan untuk didaur ulang dan akan mendapatkan reward
b. Cons:
  • sunscreen membuat kulit saya lebih berminyak
  • SPF kurang tinggi
  • kombinasi sunscreen + BB cream kurang cocok untuk wajah saya, lebih bagus kominasi sunscreen + Wonderblur
  • Komposisi scrub dan sunscreen masih mengandung paraben
Repurchase? MAYBE!

No comments: